Jumat, 25 Oktober 2013

Cara Menbuat Text bergerak "gif"

Pengen edit nama kamu seperti ini..?
silahkan masukkan Text anda Disini setelah itu ikuti langkahnya

lalu klik text "Click here to generate link" akan muncul Link dan kode.
kunjungi link tersebut dan ingat kodenya


Masukkan Kode, setelah itu klik "download Picture"

Selamat Mencoba.....????


Rabu, 23 Oktober 2013

Download Photoshop Cs5 Portable












DOWNLOAD

Tutorial dalam bentuk .Psd


klik download untuk mendapatkan File dalam bentuk .Psd

10 Patung Paling Unik dan Aneh di Dunia

1. Shark  



The Shark menjadi paling terkenal dari penduduk Headington ketika mendarat di atap rumah jalan 2 New High Street pada tanggal 9 Agustus 1986. rumah ini biasa-biasa saja (dibangun sebagai rumah semi-terpisah pada sekitar 1860 namun sekarang melekat oleh pranala ke rumah kedua di sebelah utara) tiba-tiba menjadi pusat perhatian dunia, dan tanpa kepala hiu masih tetap eksis hari ini. Lokasi: 2 Baru High Street, Headington, Oxford, Inggris 

2. BomJu Ku   


Terletak di Seoul, Korea, di depan Museum Bukcheon. Pematung adalah BomJu Ku. Lokasi: Seoul 

3. Magic kran


Magic kran, yang muncul melayang di langit dengan pasokan air tak ada habisnya. Pada kenyataannya, ada pipa tersembunyi dalam aliran air. Lokasi: Aqualand, Cadiz, Spanyol 

4. Charles La Trobe 


Representasi kontemporer Charles La Trobe di pusat kota Melbourne (sementara ini instalasi telah dihapus pada akhir Juni 2006 dan telah diakuisisi oleh La Trobe University). Lokasi: Melbourne, Australia 

5. Patung Di Santa Fe   


Location: Santa Fe, New Mexico, the United States 

6. Ernst & Young   


Saya yakin kita semua merasa seperti ini pada Senin pagi. Ini yang saya sebut sejati kehidupan seni. Lokasi: Di depan bangunan Ernst & Young, New York 

7. Patung Badak Potsdam, Germany          


8. Budapest 



Ditemukan di sebuah persegi di Budapest.Location: Budapest, Hungaria   

9. Patung perunggu  


Patung perunggu ini terletak di zona pejalan kaki di Bratislava. konon sebagian penduduk mempercayai jika menggosok hidung patung tersebut akan memiliki keberuntungan. Lokasi: Bratislava, Slovakia   

10. Fremont Troll    


Fremont Troll terletak di bawah ujung utara jembatan Aurora sejak tahun 1990. patung ini di buat oleh empat seniman dari Seattle (Steve Badanes, Will Martin, Donna Walter dan Ross Whitehead) untuk Dewan Kesenian Fremont. tinggi Kepala-dan-bahu patung adalah 18-ft.Lokasi: jembatan Aurora , Seattle, Washington

Sumber: http://www.unikgaul.com/2012/11/10-patung-paling-unik-dan-aneh-di-dunia.html
Konten ini memiliki hak cipta

Patung Rumput Unik dan Menarik








Selasa, 22 Oktober 2013

Keanekaragaman Seni Tradisi Madura


Madura memiliki kekayaan kesenian tradisional yang amat banyak, beragam dan amat bernilai. 
Dalam menghadapi dunia global yang membawa pengaruh materalisme dan pragmatisme,
kehadiran kesenian tradisional dalam hidup bermasyarakat di Madura sangat diperlukan, agar
kita tidak terjebak pada moralitas asing yang bertentangan dengan moralitas lokal ataujati din
bangsa. Kita sebagai orang asli Madura harus mengenal budaya Madura yang masih hidup, bahkan
yang akan dan telah punah. Pengenalan terhadap berba gai macam kebudayaan Madura tersebut
akan diharapkan mampu menggugah rasa kebangsaan kita akan kesenian daerah.
Madura dikenal sebagai wilayah yang tandus namun kaya akan kebudayaan. Kekayaan budaya
yang terdapat di Madura dibangun dari berbagai unsur budaya baik dari pengaruh animisme,
Hin duisme dan Islam. Perkawinan dari ketiga unsur tersebut sangat dominant mewamai
kebudayaan yang ada. Dalam perkembangannya berbagai kese nian yang bemafaskan religius,
terutama benuansa Islami temyata lebih menonjol. Keanekaragaman dan berbagai bentuk seni
budaya tradisional yang ada di Madura menunjuk kan betapa tinggi budaya yang dimiliki oleh
bangsa Indonesia.
Kekayaan seni tradisional yang berisi nilai-nilai adiluhur yang berlandaskan nilai religius Islami
seharusnya dilestarikan dan diperkenalkan kepada generasi muda sebagai penerus warisan
bangsa. Kesenian tradisional adalah aset kekayaan budaya lokal yang akan mampu melindungi
gene rasi muda dari pengaruh negatif era globalisasi. Pengaruh budaya global yang demikian
gencar melalui media elektronik dan media cetak menye babkan generasi muda kehilangan jati diri.
Dengan mengetahui kebudayaan lokal diharapkan generasi muda mampu menggali potensi
kekayaaan seni tradisional sekaligus melestarikannya. Secara garis besar jenis-jenis kebudayaan
tra disional Madura dapat dibagi dalam empat kelom pok dan dari masing-masing kelompok tersebut
mempunyai tujuan maupun fungsi yang berbeda, adapun jenis-jenis kebudayaan tradisional
tersebut adalah:
Pertama, seni musik atau seni suara yaitu tembang macapat, musik saronen dan musik
ghul-ghul. Tembang macapat adalah tembang (nyanyian) yang mula-mula dipakai sebagai media
untuk memuji Allah SWT (pujian keagamaan) di surau-surau sebelum dilaksanakan shalat wajib,
tembang tersebut penuh sentuhan lembut dan membawa kesahduanjiwa.
Selain berisi puji-pujian tembang tersebut juga berisi ajaran, anjuran serta ajakan untuk mencintai
ilmu pengetahuan, ajaran untuk bersama-sama membenahi kerusakan moral dan budi pekerti,
mencari hakekat kebenaran ser ta membentuk manusia berkepribadian dan berbu daya. Melalui
tembang ini setiap manusia diketuk hatinya untuk lebih memahami dan mendalami makna hidup.
Syair tembang macapat merupakan manivestasi hubungan manusia dengan alam, serta
ketergantungan manusia kepada Sang Penguasa Alam Semesta. Contoh tembang macapat:
Mara kacong ajar onggu, kapenterran mara sare,
Ajari eimo agama, eimo kadunnya ‘an pole,
Sal a settongja pabidda, ajari bi onggu ate.
Nyare eimo patar onggu,
Sala settongjapaceccer,
Eimo kadunnyaan reya,
Menangka sangona odhi
Dineng eimo agama, menangka sangona mate.
Paccowan kenga ‘e kacong, sombajangja ‘la ‘el/a ‘e,
Sa ‘are samalem coma,
Salat wajib lema kale,
Badha pole salat sonnat, rawatib ban salat lail (anggoyudo, 1983)
Seni musik atau seni suara selanjutnya adalah musik saronen. Beberapa atraksi kesenian Madura
pengiring instrumen musiknya adalah saronen. Mu sik ini adalah musik yang sangat kompleks dan
ser baguna yang mampu menghadirkan nuansa sesuai dengan kepentingannya. Walaupun musik
saronen adalah perpaduan dari beberapa alat musik, namun yang paling dominan adalah liuk-liukan
alat tiup berupa kerucut sebagai alat musik utama, alat musik tersebut bernama saronen.Musik
saronen bersal dari desa Sendang Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep yang berasal dari
kata senninan (hari Senin)
Suku Madura terkenal sebagai suku berwatak keras, polos, terbuka dan hangat, sehingga
jenis musik riang dan berirama mars menjadi pilihan yang paling pas. Untuk mengiringi
kerapan sapi dimain kan irama sarka yaitu permainan musik yang cepat dan dinamis, sedangkan
irama lorongan jhalan (irama sedang) dimainkan pada saat dalam perjalanan menuju lokasi kerapan
sapi
.
Irama lorongan toju’ biasanya memainkan lagu-lagu gending yang beri rama lembut, biasanya
digunakan untuk mengiringi pengantin keluar dan pintu gerbang menuju pintu pelaminan. Jenis
seni musik atau sent suara selan jutnya adalah musik ghul-ghul yaitu didominasi oleh gendang
(ghul-ghul). Namun dalam perkemba ngannya permainan musik ini memasukkan alat musik lainnya,
baik alat musik tiup maupun alat musik pukul.
Ciri spesifik dari alat musik ini adalah terletak pada model gendang yang menggelem bung besar di
bagian tengah. Musik ghul-ghul ini diciptakan untuk mengiringi merpati ketika sedang terbang.
Iringan musik ini dipakai sebagai sarana hiburan bagi organisasi (perkumpulan) “dara get tak” ,
ketika membentak kemudian merpati dilepas ke udara, musik ini ditujukan untuk menyemarak kan
suasana, musik ghul-ghul ini berasal dari desa Lenteng Timur Kecamatan Lenteng Kabupaten
Sumenep.
Kedua, sent tari atau gerak yaitu tan muang sangkal dan tari duplang. Gerakan tari tradisional
Madura tidak pemah terlepas dari kata-kata yang tertera dalam Al-Quran seperti kata Allahu atau
Muhammad, begitu pula dengan batas-batas gerakan tangan tidak pemah melebihi batas payudara.
Tari muang sangkal adalah sent tradisi yang bertahan sampai sekarang, Tari tersebut telah
mengalami berbagai perubahan yaitu menjadi tarian wajib untuk menyambut tamu-tamu yang
datang ke Sumenep.
Sedangkan Tari duplang meru pakan tari yang spesifik, unik dan langka. Keunikan dari tarian ini
disebabkan karena tarian ini merupa kan sebuah penggambaran prosesi yang utuh dari kehidupan
seorang wanita desa. Wanita yang be kerja keras sebagai petani yang selama ini terlupakan.
Dijalin dan dirangkai dalam gerakan-gerakan yang sangat indah, lemah-lembut, dan lemah gemulai.
Tarian ini diciptakan oleh seorang penari keraton bernama Nyi Raisa. Generasi tera khir yang mampu
menguasai tarian ini adalah Nyi Suratmi, dan tarian ini jarang dipentaskan setelah adanya pergantian
sistem pemerintahan, peralihan dari sistem raja ke bupati. Sejak saat itu tarian ini jarang
dipentaskan.
Karena tingkat kesulitannya yang sangat tinggi, sehingga banyak penari segan untuk mempelajarinya,
maka tidak mengherankan apabila tarian duplang kini tidak dikenal dan diingat lagi oleh seniman-
seniman tari generasi berikutnya. Dengan demikian tarian ini benar-benar punah.
Ketiga, upacara ritual yaitu sandhur pantel. Masyarakat petani atau masyarakat nelayan tradi
sional Madura menggunakan upacara ritual seba gai sarana berhubungan dengan mahluk gaib atau
media komunikasi dengan Dzat tunggal, pencipta alam semesta. Setiap melakukan upacara ritual
media kesenian menjadi bagian yang tak terpisahkan dari seluruh proses kegiatan.
Masyarakat Madura menyebutnya sandhur atau dhamong ghardham, yaitu ritus yang ditarikan,
dengan ber bagai tujuan antara lain, untuk memohon hujan, menjamin sumur penuh air, untuk
menghormati makam keramat, membuang bahaya penyakit atau mencegah musibah, adapun
bentuknya berupa ta rian dan nyanyian yang diiringi musik.
Daerah-daerah yang mempunyai kesenian ini menyebar di wilayah Madura bagian timur.
Batuputih terdapat ritus rokat dangdang, rokat somor, rokat bhuju, rokat thekos jagung.
Di Pasongsongan terdapat sandhur lorho’. Di Guluk-guluk terdapat sandhuran duruding, yang
dilaksanakan ketika panen jagung dan tembakau, berupa nyanyian laki-laki atau perempuan
atau keduanya sekaligus tanpa iringan musik.
Musik langsung dimainkan oleh peserta de ngan cara menirukan bunyi dari berbagai alat musik.
Di lingkungan masyarakat tradisional yang masih mempercayai ritual sandhur panthel yang
diguna kan sebagai media penghubung dengan sang pencipta. Namun ritual ini sebenarnya
bertenta ngan dengan agama Islam dan tidak pula diajarkan dalam Al-Qur’an dan sunnah
Rasul, jadi ini merupa kan suatu bid’ah dan haram hukumnya jika dilaksanakan.
Berbagai bentuk kesenian adalah aset keka yaan budaya lokal yang akan mampu melindungi
anak bangsa dari berbagai hantaman budaya global. Pengaruh budaya global memang saat
ini demikian gencamya, mengalir dari berbagai pintu media massa, sehingga menyebabkan
generasi muda kehilangan jati dirinya. Kekayaan seni budaya yang dimiliki oleh suku
bangsa di Indonesia lambat laun akan punah, hal itu disebabkan oleh ketidakacuhan dari
berbagai unsur, baik pihak pe merintah daerah, instansi pemerintah, tokoh formal maupun
informal, masyarakat ataupun kaum generasi muda. Namun yang sangat penting untuk
diperhatikan dalam hal ini, apakah budaya itu pantas atau sesuai dengan ajaran agama
Islam…!?? Jika tidak sesuai, maka budaya itu tidaklah wajib dilestarikan.
Keempat, seni pertunjukan berupa kerapan sapi dan topeng dalang. Perlombaan
memacu sapi pertama kali diperkenalkan pada abad ke 15 (1561 M) pada masa
pemerintahan Pangeran Katandur di keratin Sumenep. Permainan dan perlombaan
ini tidak jauh dari kaitannya dengan kegiatan seha ri-hari para petani, dalam arti permainan
ini mem berikan motivasi kepada kewajiban petani terha dap sawah ladangnya dan disamping
itu agar peta ni meningkatkan produksi temak sapinya.
Namun, perlombaan kerapan sapi kini tidak seperti dulu lagi dan telah disalahgunakan sehingga
lebih banyak mudharat daripada manfaatnya. Ma salahnya banyak di antara para pemain dan
penon ton yang melupakan kewajibannya sebagai hamba Allah SWT, yakni mereka tidak lagi
mendirikan sha lat (Lupa Tuhan, ingat sapi). Kerapan sapi memang telah menjadi identitas,
trade mark dan simbol keperkasaan dan kekayaan aset kebudayaan Madura.
Di sektor pariwisata, kerapan sapi mempakan pemasok utama Anggaran dan Pendapatan
Belanja Daerah (APBD), karena dari sektor ini para wisata wan mancanegara maupun domestik
datang ke Madura untuk menyaksikan kerapan sapi. Namun sangat disayangkan karena yang
terjadi saat ini, para wisatawan mancanegara maupun domestik sudah tidak lagi mau datang
untuk menonton per lombaan kerapan sapi, hal ini disebabkan karena mereka melihat adanya
penyiksaan terhadap bina tang dengan memberikan sesuatu benda tajam dan lainnya kepada
sapi, agar sapinya berlari lebih kencang dan menjadi pemenang. Selain itu, tidak sedikit dari
penonton yang menjadikan perlombaan kerapan sapi sebagai arena pertaruhan judi. Maka
pantaskah budaya ini terus dilestarikan lagi, jika begini jadinya..??
Seni pertunjukan selanjutnya adalah topeng dalang, konon topeng dikatakan sebagai
kesenian yang paling tua. Adapun bentuk topeng yang di kembangkan di Madura berbeda
dengan topeng yang ada di Jawa, Sunda dan Bali. Topeng Madura pada umumnya lebih
kecil bentuknya dan hampir semua topeng diukir pada bagian atas kepala de ngan berbagai
ragam hias. Ragam bias yang paling populer adalah hiasan bunga melati.
Adapun penggambaran karakter pada topeng dalang selain tampak pada bentuk muka juga
dalam pemilihan wama, untuk tokoh yang berjiwa bersih digunakan wama putih, wama merah
untuk tokoh tenang dan penuh kasih sayang, wama hitam untuk tokoh yang arif dan bijaksana
bersih dari nafsu duniawi, kuning emas untuk tokoh yang anggun dan berwibawa, warna kuning
untuk tokoh yang pemarah, licik dan sombong.
Setiap pementasan topeng dalang seluruh pemainnya didominasi laki-laki, penari sebanyak
kira-kira 15-25 orang dalam lakon yang dipentaskan semalam suntuk, adapun aksesoris nya
adalah taropong, sapiturung, ghungseng, ka long, rambut dan badung. Sedangkan untuk peme ran
wanita aksesoris tambahannya adalah berupa sampur, kalung ular, gelang dan jamang. Teater
topeng dalang Madura adalah satu-satunya teater tradisional yang mampu menaikkan pamor
seni tradisi. Di era tahun 80-an sampai dengan tahun 90-an topeng dalang Sumenep melanglang
buana sampai ke benua Amerika, Asia dan Eropa, kota-kota besar yang disinggahi adalah London,
Amsterdam, Belgia, Perancis, Jepang dan New York.
Penampilan seni tradisional ini mampu memikat, memukau dan menghipnotis serta menimbulkan
decak kagum para penonton, begitu hangat sam butan masyarakat intemasional terhadap
kesenian topeng dalang. Namun sangatlah disayangkan, kekaguman yang pemah dibangun oleh
para dalang di masa lalu, saat ini mulai pudar karena ti dak adanya peminat, kesenian ini mulai
berkurang terutama di masyarakat perkotaan, karena diang gap ketinggalan zaman. Saat ini
pementasannya hanya dilakukan di daerah pinggiran yang masih peduli dan mencintai kesenian ini.
Seni teater tra disional yang dimiliki suku bangsa Madura menun jukkan betapa tinggi nilai
budaya yang dimiliki oleh suku bangsa ini. Nilai-nilai adiluhur yang berlandas kan nilai keagamaan,
seharusnya diperkenalkan kembali kepada generasi penerus sebagai pemilik sah atau pewaris
budaya. Apalagi regenerasi ser ta pelestarian dikemas dalam bentuk yang luwes dan fleksibel
sesuai dengan perkembangan yang ada. Sebagaimana wali songo menjadikan media ke senian
sebagai sarana dakwah tanpa kehilangan nilai-nilai filosofi serta jati diri.
Maka dengan demikian, pihak Pemerintah Daerah, masyarakat, dan khususnya generasi muda
pelajar saat ini hams menjadi tonggak sebagai pe lestari budaya daerah Madura, agar budaya
yang telah ada tidak hilang atau punah dan akan terus menjadi kebanggaan bangsa. Namun
budaya itu juga hams sesuai dan tidak lepas dari norma atau aturan agama Islam, sehingga
tidak termasuk budaya yang tidak diperbolehkan dan haram menurut agama. Sekian dan Terima
kasih.


Tulisan diatas menyalin dari : Keanekaragaman Seni Tradisi Madura | Lontar Madura http://www.lontarmadura.com/keanekaragaman-seni-tradisi-madura/#ixzz2iW45MOlS

Bordir X-Rays oleh Matthew Cox


















Philadelphia berbasis seniman Matthew Cox berputar-putar bersama-sama kontradiksi dalam seri terbarunya,
Bordir X-Rays. Tenun benang bordir ke dalam plastik, slide tulang, koleksi Cox menyediakan penjajaran yang
aneh, baik secara visual dan konseptual, warna-warna cerah dan karakter akrab menetapkan suasana hati
yang menyenangkan sementara sinar-X tetap dingin dan klinis. 

"Stitching memiliki aspek pengasuhan," Cox mengatakan karyanya, "dan bertindak sebagai perawatan atau
penyembuhan memberikan yang terluka, semacam sosial feminin tindakan, sedangkan X-ray itu sendiri dapat
dianggap maskulin dan tanpa emosi." The rumit koleksi yang dibuat tidak hanya mencakup potret bordir asli,
tapi budaya pop yang juga, dengan David Bowie, Snow White, dan Miss Piggy dicangkokkan ke dada sinar-X.
Memeriksa beberapa potongan Cox yang paling menarik setelah lompat.


KARYA SENI TERBARU DARI GARAM


Garam yang fungsionalnya sebagai bumbu dapur kini menjadi dwi fungsi ditangan seorang seniman Jepang. 




Motoi Yamamoto, dialah  seniman Jepang yang berhasil menciptakan karya seni yang benar-benar menakjubkan. Bermodalkan garam sebagai bahan utamanya, terciptlah suatu karya seni yang unik.
Alasan Motoi menggunakan garam sebagai alat untuk menciptakan karya-karyanya itu adalah karena kematian adiknya akibat  kanker otak. 
  



Garam bagi masyarakat Jepang memiliki tempat khusus dalam ritual-ritual kematian , dimana garam bakal diberikan kepada para pelayat di akhir penguburan sehingga mereka bisa menaburkan garam itu ke arah mereka sendiri untuk tolak bala dari setan.
Lewat pameran di Hakone Open-Air Museum di Kanagawa, Jepang, Motoi membuat berbagai karya seni dari garam  yang lumayan sulit dan juga membutuhkan kesabaran ekstra.
Di tempat itu Motoi membuat instalasi-instalasi lantai yang menakjubkan, dengan mengisi garam ke botol plastik yang biasanya dipergunakan untuk mesin oli kemudian menaburkannya dan melukiskannya ke lantai.




"Menggambar labirin dengan garam seperti mengikuti jejak dari memoriku. Kenangan-kenangan sepertinya berubah dan hilang seiring waktu berlalu. 




Apa yang ku cari adalah cara dimana aku bisa menyentuh moment berharga di memori-memoriku yang tak bisa dibentuk atau dicapai lewat gambar-gambar atau tulisan.
Aku selalu mengikuti jejak itu secara diam-diam, yang terkontrol dan tidak terkontrol dari titik awal setelah aku menyelesaikannya," ujar sang seniman seperti diberitakan Dailymail.co.uk.
Di akhir eksehibisinya itu, Motoi selalu meminta agar garam-garam tersebut dikembalikan ke lautan untuk membuat perjalanan si garam menjadi lingkaran penuh.

Sumber : http://sitoger.blogspot.com/2012/08/karya-seni-terbaru-dari-garam.html

Kota Carved Dari Kentang




Peter Root , 33, menghabiskan tiga minggu di Istanbul, Turki, membuat rumah, blok kantor dan tempat-tempat ibadah dari £ 176 mengejutkan kentang menggunakan pisau dapur dan kit perbaikan sepeda. 

Rincian termasuk antena TV, ratusan jendela di blok menara dan bulan sabit Islam di masjid.

Sumber : http://monster-bego.blogspot.com/2012/11/10-karya-seni-terbaru-yang-sangar-aneh.html#ixzz2iVdKSvpw

BeLajar Guitar melodi

4 Elemen Musik - Melodi, Harmoni, Irama dan Dinamika

4 Elemen musik adalah hal (bahan) yang mendasari komposisi sebuah musik - melodi, harmoni, irama, dan dinamika - yang penting dalam membangun esensi musik.

Seperti apapun, ada unsur dasar untuk komposisi musik. Esensi material dari musik terletak pada melodi nya, harmoni, irama, dan dinamika. Melody memberikan musik sebuah soul (nuansa), sedangkan irama/rhythm campuran ekspresi harmoni dan dinamika dengan tempo dari bagian itu. Semua itu diperlukan untuk menciptakan sebuah pola yang lebih kita kenal dengan sebutan "lagu."

Melody adalah garis musik dan nada tunggal yang di mainkan secara berturut, atau pitches yang memiliki susunan/kelompok. Karakteristik meliputi jangkauan, bentuk, dan gerakan. Masing-masing akan dibahas secara terpisah.

Rentang - Kisaran pitch nada adalah jarak antara nada rendah dan tinggi. Penyanyi mengacu pada aransemen yang berada dalam kisaran rendah, menengah, atau tinggi, yang berarti bahwa catatan fokus pada scale pitches. Sebuah karya yang memiliki rentang yang sempit adalah satu di mana melodi pusat sekitar beberapa catatan yang diberikan. Sebaliknya, pengaturan menyerukan untuk berbagai mengambil musisi dari rendah ke pitches tinggi, seringkali mencakup sebanyak lima belas langkah keseluruhan pada skala.

Bentuk - Melody mengambil arah sendiri, atau bentuk. Ketika musisi berbicara tentang bentuk garis melodi, mereka mengacu pada garis geometris literal yang dapat dilakukan jika catatan-catatan itu bergabung bersama-sama seperti dalam sebuah teka-teki titik-ke-titik. Mencatat bahwa mendaki skala mengambil bentuk ke atas, sementara frase yang turun berbentuk dalam gerakan ke bawah. Jika frase tetap dalam kisaran yang sempit, bentuknya seperti gelombang.

Gerakan - Gerakan dapat berupa diperbantukan atau terpisah. Ketika melodi bergerak bertahap dan terhubung, gerakan ini disebut diperbantukan. Melodi yang melompat dari lapangan ke lapangan dengan tidak ada hubungan alami atau aliran dikatakan terpisah.

Melody adalah terstruktur oleh panjangnya dan intensitas seperti kalimat dalam bahasa lisan. Sebagai contoh, sebuah frase dalam musik adalah satuan makna dalam struktur yang lebih besar dari lagu tersebut secara keseluruhan. Contoh lain termasuk irama dan klimaks. Irama adalah berakhir akhir ke bagian musik. Klimaks adalah titik tinggi intensitas.

Harmony adalah hubungan catatan untuk catatan dan akord untuk akord seperti yang dimainkan secara bersamaan. Harmonic "pola" yang ditetapkan dari catatan dan akord dalam rangka berturut-turut. Interval melodis adalah mereka yang linier dan terjadi secara berurutan, sedangkan interval harmonik terdengar pada waktu yang sama. Apakah atau tidak harmonis adalah menyenangkan adalah masalah selera pribadi, karena ada harmoni konsonan dan disonan, baik yang menyenangkan ke telinga beberapa dan bukan orang lain.

Chords memiliki makna karena mereka mengarah ke akord lain. Progresi tertentu didorong sebagai diterima dalam gaya musik tertentu. Tapi dasar untuk harmoni semua - terlepas dari gaya - adalah tiga serangkai. Triad adalah bentuk akord yang paling umum. Hal ini dibangun pada, catatan pertama ketiga, dan kelima dari skala - lakukan, mi, dan sebagainya - dan dilambangkan dalam notasi musik dengan angka Romawi I. triad dibangun pada catatan kedua akan mencakup skala yang kedua, catatan keempat, dan keenam skala, masih menyimpan satu derajat skala antara setiap lompatan. Sebuah triad dibangun pada catatan kedua skala ditulis sebagai ii. Triad akord dapat dibangun pada semua tujuh catatan skala (. Dengan catatan kedelapan pengulangan pertama) Chord simbol untuk triad dibangun pada ketiga melalui catatan ketujuh dari skala adalah sebagai berikut: iii, IV, V, vi , dan vii. Chord Aku bernama Tonic, dan akord IV disebut dengan nama Sub-Dominan. Akord V adalah dominan. Para vii disebut sebagai Nada Memimpin, seperti yang sering digunakan untuk mengubah (atau "memimpin") menjadi kunci baru. Organisasi ini sekitar nada dikenal sebagai "nada suara."

Ritme, menurut definisi yang paling sederhana, waktu musik. Asal usul kata adalah bahasa Yunani, berarti "mengalir." Ritme memang perwujudan dari aliran tepat waktu. Sebagai meteran mengatur dan berdenyut puisi, irama mengatur musik dalam banyak cara yang sama. Para pulsations reguler musik disebut mengalahkan. Denyut kuat yang disebut sebagai "beraksen" mengalahkan. Tindakan musik membagi sepotong ke waktu-dihitung segmen. Ketukan yang kuat terjadi pada pola. Misalnya, di 4 / 4 waktu, konduktor akan mengalahkan mengalahkan yang kuat pada ketukan pertama setiap mengukur dan lain mengalahkan beraksen - meskipun tidak sekuat - pada hitungan ketiga mengukur. Karena lengan dirigen bergerak turun pada ketukan yang kuat, terutama mereka yang mulai mengukur, mengalahkan beraksen juga disebut sebagai "downbeats."

Waktu pola dalam musik yang disebut dalam istilah meter. Dua ketukan untuk mengukur adalah meter rangkap, sedangkan tindakan memukuli tiga dari waltz mengindikasikan tiga meteran. Empat ketukan untuk mengukur dikenal sebagai waktu yang sama, atau waktu empat kali lipat. Enam mengalahkan untuk mengukur adalah wakil dari waktu yang dapat dibagi tiga, seperti enam denyut untuk mengukur dengan mengalahkan beraksen pada ketukan pertama dan keempat. Ketika melodi jatuh pada catatan yang terjadi antara berdetak, dikatakan waktu sinkopasi.

Seiring dengan irama datang ide menilai atau kecepatan. Tidak setiap lagu lambat. Baik cepat adalah setiap lagu. Tempo adalah istilah musik yang menunjukkan kecepatan keseluruhan kesepakatan. Tanda tempo termasuk makam, berarti serius dan sangat lambat atau allegro, berarti cepat dan ceria. Sebuah gamut istilah musik untuk irama ada.

Setelah lagu ini diselenggarakan oleh melodi, harmoni, dan ritme, secara teknis layak. Meskipun beberapa indikasi suasana hati diekspresikan melalui tempo di mana sepotong dimaksudkan untuk dimainkan, tanpa dinamika, musik memiliki emosi belakang pemikiran musik. Dinamika memberitahu pemain ketika bermain keras atau lebih lembut dan kapan harus berubah dari satu ke yang lain. Dari pianissimo (lembut seperti Anda dapat memutar) ke fortissimo (paling keras Anda dapat memutar) berkisar musik, dari bisikan sepenuhnya suara.

Oleh karena itu, komposer menggunakan alat komposisi untuk keintiman ekspresi musik - melodi, harmoni, irama, dan dinamika - semua adalah bagian dari apa yang kita ketahui hanya sebagai "lagu."

Manfaat Belajar Musik



o    Belajar musik sejak usia dini membantu mengembangkan daerah otak yang terlibat dalam bahasa dan penalaran. Diperkirakan bahwa perkembangan otak berlanjut selama bertahun-tahun setelah kelahiran. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa pelatihan musik secara fisik mengembangkan bagian dari sisi kiri otak yang dikenal untuk pengolahan bahasa, dan benar-benar dapat menghubungkan sirkuit otak dengan cara tertentu. Mendengarkan  lagu yang familiar untuk informasi yang baru juga dapat membantu informasi tersebut membekas di pikiran anak muda.
o    Ada juga hubungan sebab akibat antara musik dan kecerdasan spasial (kemampuan untuk melihat dunia secara akurat dan untuk membentuk gambaran mental dari sesuatu). Ini jenis kecerdasan, yang dengan kecerdasan tersebut seseorang dapat memvisualisasikan berbagai elemen yang harus pergi bersama-sama, sangat penting untuk jenis berpikir yang diperlukan untuk segala sesuatu dari pemecahan masalah matematika canggih untuk dapat mengemas buku-tas dengan segala sesuatu yang akan dibutuhkan untuk hari .
o    Anak-anak dan para pelajar seni belajar untuk berpikir kreatif dan memecahkan masalah dengan membayangkan berbagai solusi, menolak aturan usang dan asumsi. Pertanyaan tentang seni tidak hanya memiliki satu jawaban yang benar.
o    Penelitian terbaru menunjukkan bahwa siswa yang mempelajari seni lebih berhasil pada tes standar seperti tes psikotes atau masuk ke perguruan tinggi. Mereka juga mencapai nilai yang lebih tinggi di sekolah.
o    Sebuah studi tentang seni menyediakan anak-anak dengan sekilas internal budaya lain dan mengajarkan mereka untuk empati melalui orang-orang dari budaya ini. Ini pengembangan belas kasih dan empati, sebagai lawan untuk pengembangan keserakahan dan  sikap "keegoisan", menyediakan jembatan melintasi jurang budaya yang mengarah untuk menghormati ras lainnya pada usia dini.
o    Siswa belajar musik karena mereka belajar bagaimana rincian diletakkan bersama-sama dengan susah payah dan apa yang dianggap baik, sebagai lawan biasa-biasa saja, kerja. Standar-standar ini, bila diterapkan pada karya siswa, menuntut tingkat baru keunggulan dan mengharuskan mahasiswa untuk meregangkan sumber daya batin mereka.
o    Dalam musik, kesalahan adalah kesalahan. contohnya instrumennya selaras atau tidak, nadanya baik dimainkan atau tidak, enak didengar atau tidak. Hanya dengan kerja keras bahwa kinerja yang sukses adalah mungkin. Melalui studi musik, siswa belajar nilai upaya yang berkelanjutan untuk mencapai keunggulan dan manfaat nyata dari kerja keras.
o    Belajar musik meningkatkan keterampilan kerja sama tim dan disiplin. Agar sebuah orkestra suara yang bagus, semua pemain harus bekerja sama secara harmonis menuju tujuan tunggal, kinerja, dan harus berkomitmen untuk belajar musik, menghadiri latihan, dan terus berlatih.
o    Musik menyediakan anak-anak dengan sarana ekspresi diri. Sekarang ada keamanan relatif dalam dasar-dasar eksistensi, tantangannya adalah untuk membuat hidup bermakna dan untuk meraih tahap pembangunan yang lebih tinggi. Setiap orang perlu berhubungan dalam hidupnya, dengan dia itu apa dan apa yang dia rasakan. Harga diri adalah hasil dari ekspresi diri.
o    Belajar musik mengembangkan keterampilan yang diperlukan di tempat kerja. Ini berfokus pada "melakukan," sebagai lawan mengamati, dan mengajarkan siswa bagaimana melakukan, secara harfiah, di mana saja di dunia. Pengusaha mencari multi-dimensi pekerja dengan jenis intelek fleksibel dan lentur bahwa pendidikan musik membantu menciptakan seperti yang dijelaskan di atas. Di kelas musik, siswa juga dapat belajar untuk lebih berkomunikasi dan bekerja sama satu sama lain.
o    Pertunjukan musik mengajarkan anak muda untuk menaklukkan rasa takut dan mengambil risiko. Sebuah kecemasan kecil adalah hal yang baik, dan sesuatu yang akan sering terjadi dalam kehidupan. Berurusan dengan lebih dini dan sering membuat berkurangnya masalah kemudian. Pengambilan risiko sangat penting jika seorang anak untuk sepenuhnya mengembangkan potensi dirinya. Musik memberikan kontribusi untuk kesehatan mental dan dapat membantu mencegah perilaku berisiko seperti penyalahgunaan narkoba.
o    Sebuah pendidikan seni tidak ada batasannya.

PENGERTIAN NADA, RITME DAN HARMONI DALAM MUSIK


Yang dimaksud dengan nada adalah suatu jenis unsur suprasegmental yang ditandai oleh tinggi-rendahnya arus-ujaran. Tinggi rendahnya arus-ujaran terjadi karena frekuensi getaran yang berbeda antar segmen. Bila seseorang berada dalam kesedihan ia akan berbicara dengan nada yang rendah. Sebaliknya bila berada dalam keadaan gembira atau marah, nada tinggilah yang biasanya dipergunakan orang. Suatu perintah atau pertanyaan selalu disertai nada yang khas. Nada
dalam ilmu bahasa biasanya dilambangkan dengan angka misalnya /2 3 2/ yang berarti segmen pertama lebih rendah bila dibandingkan dengan segmen kedua, sedangkan segmen ketiga lebih rendah dari segmen kedua. Dengan nada yang berbeda, bidang arti yang dimasukinya pun akan berbeda. Pengertian irama/ritme
secara sederhana adalah perulangan bunyi-bunyian menurut pola tertentu dalam sebuah lagu. Perulangan bunyi bunyian ini juga menimbulkan keindahan dan membuat sebuah lagu menjadi enak
didengar. Irama juga dapat disebut sebagai gerakan berturut secara teratur.Irama keluar dari perasaan seseorang sehubungan dengan apa yang dia rasakan.

Melodi adalah susunan nada yang diatur tinggi rendahnya, pola, dan harga nada sehingga menjadi kalimat lagu. Melodi merupakan elemen musik yang terdiri dari
pergantian berbagai suara yang menjadi satu kesatuan, di antaranya adalah satu kesatuan suara dengan penekanan yang berbeda, intonasi dan durasi yang hal ini akan menciptakan sebuah musik yang enak didengar.

Bunyi (suara) adalah elemen musik paling dasar. Irama yang merupakan pengaturan suara dalam suatu waktu, panjang, pendek dan temponya, memberikan
karakter tersendiri pada setiap musik. Kombinasi beberapa tinggi nada dan irama akan menghasilkan melodi tertentu.
Selanjutnya, kombinasi yang baik antara irama dan melodi melahirkan bunyi yang
harmoni. Ketika harmoni dapat terlahir dari musik-musik yang kita ciptakan, maka terdengar indahlah karya musik itu.
Dalam pengertian yang sederhana, tangga nada dalam musik bisa diartikan sebagai
satu set atau satu kumpulan not musik yang diatur sedemikian rupa dengan aturan yang baku sehingga memberikan nuansa atau karakter tertentu. Aturan baku tersebut berupa interval atau jarak antara satu not dengan not yang lain, aturan tentang nada awal dan nada
final, dan lain-lain. Ada berbagai macam tangga nada di dalam musik, masing-masing memiliki aturan baku sebagai ciri yang membedakan antara tangga nada yang satu dengan tangga
nada yang lain. Ilmu harmoni secara
sederhana dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari harmoni. Harmoni adalah
keselarasan. Dalam teori musik, ilmu harmoni adalah ilmu yang mempelajari tentangkeselarasan bunyi dalam musik.
Dalam beberapa bahasa, harmoni disebut armonía (Spanyol & Italia), harmonie
(Perancis dan Jerman), zusammenklang (Jerman).

Tutorial & Animasi (Uny sang Radja)